Sambut Arus Lebaran Tahun Ini Kapolda Lampung dan Banten Koordinasi Antisipasi Kemacetan

Ilovelampung.com - Sambut Arus Lebaran Tahun Ini Kapolda Lampung dan Banten Koordinasi Antisipasi Kemacetan. Persiapan arus mudik Idul Fitri sudah mulai dilakukan, termasuk di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Guna memberikan pengamanan dan kenyamanan pada arus mudik nanti, Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin dan Kapolda Banten Brigjen Ahmad Dofiri melakukan pertemuan bersama instansi terkait lainnya di Kantor ASDP Bakauheni, Selasa (24/5).

Sambut Arus Lebaran Tahun Ini Kapolda Lampung dan Banten Koordinasi Antisipasi Kemacetan
Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin (kanan) dan Kapolda Banten Brigjen Ahmad Dofiri seusai rapat koordinasi di Kantor ASDP Bakauheni

Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin menjelaskan, rapat koordinasi ini semata-mata untuk menjaga keamanan, kelancaran dan ketertiban dapat terlaksana dengan baik saat menjelang arus mudik lebaran.

“Kami membahas bagaimana sistem dalam menjaga keamanan saat arus balik lebaran. Makanya, seluruh instansi terkait hadir di sini (ASDP Bakauheni,red) untuk membahasnya,” ungkap Ike Edwin usai pertemuan itu.

Dia melanjutkan, ada beberapa antisipasi dalam menjaga agar arus mudik, diantaranya jangan ada kemacetan saat arus mudik, tidak ada penumpukan penumpang dan kendaraan.

“Disini akan kita rekayasa seperti apa supaya keduanya dapat diatasi dengan baik,” ujarnya.

Untuk jalan, sambung Dang Ike, sapaan akrab Ike Edwin, beberapa personil akan ditempatkan di jalan-jalan untuk mengurai kemacetan dalam rekayasa lalu lintas, sehingga aparat tidak seluruhnya berada di Bakauheni namun ditempatkan di jalan-jalan.

“Semua sudah kita persiapkan, rawan kecelakaan lalu lintas juga sudah kita siapkan. Yang penting bagaimana sistem arus mudik ini lancar dan tertib,” katanya.

Kapolda Banten Brigjen pol Ahmad Dofiri mengatakan, pihaknya sangat mengapresiai koordinasi bersama dengan Polda Lampung, ASDP Merak, Bakauheni dan Syahbandar Merak dan Bakauheni untuk mengantisipasi kemacetan saat menjelang arus mudik.

Sebab, penumpukan saat arus mudik lebaran dirinya meyakini pasti akan terjadi, terutama saat malam hari sekitar pukul 23.00-01.00. Hal ini bisa diantisipasi atau dikurangi dengan kerja bersama antara Lampung dan Banten.

“Kuncinya, di merak itu dermaganya minim, kalau arus mudik itu bertambah, penumpukan itu akan terjadi. Makanya saya sampaikan kepada pihak ASDP untuk menyiapkan kapal-kapal yang besar, ini untuk mensiasati jumlah Dermaga yang minim, kalau kapal itu dapat mengangkut kendaraan 300-400 kendaraan, ini dapat diantisipasi penumpukan,” ungkapnya.

Agar antrian tidak panjang, sambung Ahmad Dofiri, pihaknya telah meminta kepada ASDP agar dalam membeli tiket untuk menyeberang ke pelabuhan Bakauheni tidak harus membeli tiket di pelabuhan merak. Sebab, jika seluruh penumpang membeli tiket di pelabuhan merak, ini akan terjadi antrian panjang.

“ASDP sudah menyiapkan dua layanan loket di rest area yang berada di serang dan Balaraja, sehingga nanti penumpang tidak harus membeli tiket di pelabuhan merak, tapi bisa membeli tiket di rest area yang sudah disiapkan, jadi pas penumpang sampai di Pelabuhan Merak, tidak lagi mengantri membeli tiket, tapi mengantri untuk menaiki kapal,” jelasnya.

Demikian Sambut Arus Lebaran Tahun Ini Kapolda Lampung dan Banten Koordinasi Antisipasi Kemacetan, Apa pendapatmu !
Previous
Next Post »