LIWA, Setitik Surga Di Ujung Lampung

Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Lampung, kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 6 tahun 1991 tanggal 16 Agustus 1991 yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. Saat ini Bupati kabupaten Lampung Barat adalah Drs. Mukhlis Basri dan Wakilnya Drs.Hi.Makmur Azhari. Kabupaten ini terletak di paling ujung Lampung dan berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) kabupaten Sumatera Selatan.


Kabupaten Lampung Barat dominan dengan perbukitan dan daerah pegunungan yang merupakan punggung Bukit Barisan. Kota ini juga berfungsi sebagai pusat perdagangan kopi karena Lampung Barat merupakan penghasil kopi terbesar di Lampung. Ibukota dari kabupaten Lampung Barat terletak di Liwa.

Liwa merupakan persimpangan lalu lintas jalan darat dari berbagai arah yaitu Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung sendiri. Tentang asal usul nama Liwa, menurut cerita orang, berasal dari kata-kata "meli iwa" (bahasa Lampung), artinya membeli ikan. Konon Liwa merupakan daerah yang subur, persawahan yang luas, sehingga hasil pertaniannya melimpah.

Liwa dikelilingi pegunungan dan masih banyak hutan dengan pohon-pohon nya, sehingga saat anda berada di Liwa, anda akan merasakan udara yang sangat sejuk, Di pagi hari anda akan merasakan dinginnya udara disana. Bahkan ketika anda bernapas di pagi hari anda akan mengeluarkan asap dari mulut (seperti berada di daerah Eropa).

Masyarakat di kota Liwa ini masih menjunjung tinggi rasa gotong royong, suku di daerah ini mayoritas suku Lampung (Lampung Pesisir). Salah satu tempat wisata yang terkenal di daerah ini adalah wisata Danau Ranau, tempat wisata ini bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota Liwa.

Maka jika anda berkunjung ke Liwa anda pasti akan merasakan nyaman dan betah karena selain daerahnya masih sangat asri dan sejuk, banyak tempat wisata, masyarakatnya pun sangat baik dan ramah.
Previous
Next Post »