Cara Membuat Surat Rujukan Dokter di Puskesmas Rajabasa Menggunakan BPJS

Ilovelampung.comCara Membuat Surat Rujukan Dokter di Puskesmas Rajabasa Menggunakan BPJS. BPJS Kesehatan semenjak diluncurkan pada awal 2014 lalu memberikan kontribusi yang baik kepada masyaratakat terutama pada bidang kesehatan, bahkan hingga kini masyarakat sangat antusias untuk bisa ikut bergabung menjadi peserta BPJS kesehatan.

Cara Membuat Surat Rujukan Dokter di Puskesmas Rajabasa Menggunakan BPJS

Namun bagi sebagian orang, masih banyak yang belum paham tata cara dan prosedur yang harus dilalui jika ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Dan berikut ini adalah cara atau prosedur dalam berobat menggunakan BPJS Kesehatan pada Faskes Pertama, yaitu Puskesmas Rajabasa Indah Bandar Lampung.

1. Datang Dengan Membawa Kartu BPJS Kesehatan dan KTP Asli

Hal yang pertama dilakukan pada saat hendak berobat di Faskes I Puskes Rajabasa Bandar Lampung adalah dengan datang membawa KTP dan Kartu BPJS yang asli. Lalu, Anda tinggal mengambil nomor Antrian untuk menunggu giliran.

2. Mendaftar di Tempat Pendaftaran

Jika sudah mendapat giliran sesuai dengan antrian, Anda akan dipanggil untuk melalukan pendaftara. Petugas disana akan menanyakan Kartu BPJS dan Kartu Penduduk (KTP) Asli Anda, kemudian ia akan menanyakan keperluan Anda dan menuliskan pada selembar kertas.

3. Pemeriksaan Oleh Tim Perawat

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan diperiksa oleh tim perawat yang ada disana. Mulai dari keluhan yang dirasa, sakit dan lain sebagainnya. Lalu Anda akan diarahkan untuk masuk ke dalam ruang pemeriksaan dokter.

4. Periksa Dokter

Perawat tadi akan mengarahkan Anda untuk masuk ruang pemeriksaan Dokter, disana Anda dapat menceritakan semua keluhan dan rasa sakit yang Anda rasakan. Jika hasil pemeriksaan dokter ternyata hasilnya masih bisa ditangani, maka dokter tidak akan memberikan secarik resep untuk ditebus di Apotok. Namun, jika ternyata sakit Anda sudah dalam tahap yang cukup serius maka dokter akan memberikan surat rujukan kepada Rumah Sakit tipe C.

5. Tebus Obat atau Ke Rumah Sakit 

Setelah melalukan pemeriksaan dari ruang dokter di Puskesmas RSBI, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menebus obat menggunakan resep yang sudah dibuatkan oleh dokter tadi. Jika Anda berobat menggunakan BPJS Kesehatan, obat yang ditebus di Apotek diberikan secara cuma-cuma alias Gratis.

Nah kiranya itulah beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pasien yang berobat di Puskesmas Rajabasa Indah (RBI) Bandar Lampung menggunakan Kartu BPJS. Semoga dapat bermanfaat.

Editor: Nanang Kamil
Previous
Next Post »